Gempita Sambut Lebaran



LEBARAN Idulitri 1438 H tinggal hitungan hari. Masyarakat kini mulai disibukkan dengan belanja kebutuhan Lebaran. Godaan belanja menjelang Lebaran memang menjadi hal yang paling banyak dirasakan masyarakat, mulai dari kue, kebutuhan pakaian, peralatan rumah tangga, hingga renovasi rumah.
Tua, muda, dan anak-anak sudah mulai menyerbu pusat perbelanjaan untuk membeli baju dan kebutuhan Lebaran lainnya. Tak pelak, macet menjadi pemandangan biasa pada jalan protokol di sekitar pusat perbelanjaan. Gegap gempita menyambut hari kemenangan itu memang sudah sangat terasa di Bandar Lampung. Masyarakat memang selalu memanfaatkan momen menyambut Lebaran untuk berbelanja. Tidak hanya karena didukung adanya dana dari tunjangan hari raya (THR), namun juga banyaknya diskon menarik yang ditawarkan pusat perbelanjaan.
Tetapi, seharusnya masyarakat berhati-hati jangan sampai terjebak dengan rayuan diskon yang justru akan membuat anggaran belanja membengkak. Jika demikian, sudah pasti bukan penghematan, malahan keuangan bulanan yang jadi tekor. Seperti petuah yang saya dapat dari kedua orang tua, belanja itu bisa dibagi menjadi barang yang penting dan mendesak. Lalu mendesak dan tidak penting, penting tidak mendesak, dan tidak mendesak tidak penting.
Kita harus dapat memprioritaskan barang-barang yang mendesak dan penting dibandingkan lainnya jika dana yang dimiliki tidak cukup untuk belanja. Di antaranya berbelanja jauh hari sebelum harga bahan mulai naik, maka akan bisa lebih menghemat pengeluaran. Kemudian buat daftar prioritas anggaran belanja.
Utamakan kebutuhan pokok dahulu untuk memenuhi kebutuhan harian selama puasa dan Lebaran. Biasanya kebutuhan pokok selama puasa dan Lebaran juga akan mengalami kenaikan kuantitas. Pasalnya, selama puasa akan ada beberapa acara yang biasanya diadakan seperti kenduri jelang Ramadan, buka puasa bersama, dan kenduri jelang Lebaran. Memasuki Lebaran juga akan ada acara pembuatan ketupat Lebaran dan acara kumpul bersama keluarga dan handai tolan.
Kemudian manfaatkan momen diskon besar-besaran untuk mencari baju Lebaran, tetapi juga harus teliti dan cermat dalam memilih barang diskon. Biasanya, demi meningkatkan volume penjualan di bulan Ramadan, banyak swalayan dan minimarket yang menawarkan promosi belanja.
Namun, hati-hati, sebagai konsumen kita harus cerdas. Jangan pernah lupa melihat tanggal pemakaiannya, jangan sampai barang-barang yang dibeli sudah kedaluwarsa. Seorang teman pernah berkata, belanja itu harus membuat hati senang dan kantong tenang. Jadi, selamat berbelanja.nuansa

Komentar